Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengembangan SDM : Fungsi dan Manfaatnya

Alasan Kompetensi SDM merupakan bagian dari Aset

Secara garis besar sumber daya / aset organiasi terbagi menjadi Man (sumber daya manusia), Money (uang), Materials (bahan baku), Machines (mesin), Methods (metode), Minute (waktu), dan Market (pasar). Dari berbagai sumber daya yang dimiliki organisasi, sumber daya manusia (SDM) menempati posisi yang strategis dan penting diantara sumber daya lainnya. Hal ini dikarenakan sumber daya manusialah yang akan mengelola semua sumberdaya organisasi yang ada. 

Karena SDM adalah aset penting,maka kemampuan/kompetensi SDM  perlu dioptimalkan supaya dapat memberikan keutungan yang maksimal bagi organisasi. salah satu cara untuk meningkatkan kualitas SDM adalah dengan cara pengembangan SDM. peningkatan kualitas SDM ini akan secara langsung meningkatkan kualitas aset perusahaan.

Pengembangan SDM adalah peningkatan kualitas SDM 

Salah satu peranan pengembangan SDM adalah peningkatan kualitas SDM agar dapat memenuhi standar dan target yang sudah disepakati. Hal ini menunjukan bahwa dengan SDM yang berkualias diharapkan akan meningkatkan kinerja. Kinerja adalah tingkat keberhasilan seseorang dibandingkan dengan standar. Jika keberhasilan melebihi stadar maka kinerjanya baik,begitu pula sebaliknya.

Contoh dari standar /target diatas adalah misalnya stardar waktu seorang staff custumer servise dalam melayani nasabah adalah sepuluh menit,diharapkan dalam waktu sepuluh menit permasalahan nasabah dapat diselesaikan,dan target yang ditetapkan adalah melayani enam nasabah perhari. dalam kondisi normal jika staff tersebut dapat memenuhi target dan standar yang ditetapkan perusahaan maka staff tersebut berkinerja baik.

Apakah pengembangan SDM selalu dapat meningkatkan kinerja pegawai ?

Pengembangan SDM adalah proses pendidikan jangka panjang yang menggunakan prosedur sistematis dan terorganisir. Program ini berusaha untuk mengembangkan  keterampilan bagi pekerjaan dimasa mendatang. Pengembangan SDM adalah salah satu cara untuk meningkatkan kinerja pegawai

Menurut saya pengembangan SDM tidak selalu dapat meningkatkan kinerja pegawai, karena dalam praktiknya ada banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja selain  kemampuan dan keterampilan,seperti ,gaya kepemimpinan, imbalan (kompensasi), desain pekerjaan,kepribadian,motivasi,dll.

Misalnya perusahaan sudah berusaha memberikan pelatihan dan pengembangan terhadap bagian pemasaran dengan harapan kinerja mereka miningkat. Namun ternyata kinerja dan pejualanpun tidak meningkat.  Setelah dilakukan peneitian ternyata faktor motivasilah yang menyebabkan kinerja karyawan kurang memuaskan. komisi penjualan dinilai terlalu kecil sehingga karyawan kurang termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya.

Hanaka
Hanaka Paham Kesehatan, tertarik dengan Bisnis,Financial, Technology,Otomotif, Fashion & Beauty,Culinary.

Posting Komentar untuk "Pengembangan SDM : Fungsi dan Manfaatnya"