Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inovasi Produk & Aliansi : Cara Agar Bisnis bertahan di tengah ketatnya persaingan


Strategi Inovasi

Inovasi adalah suatu proses atau hasil dari menciptakan sesuatu yang baru atau mengembangkan ide, produk, atau layanan yang lebih baik daripada yang sudah ada. Inovasi bisa terjadi di berbagai bidang kehidupan, termasuk teknologi, bisnis, pendidikan, pemerintahan, dan banyak lagi. Inovasi seringkali didorong oleh kebutuhan untuk memecahkan masalah atau meningkatkan efisiensi, produktivitas, atau kualitas.

Inovasi dapat berupa inovasi produk, di mana produk fisik atau digital diperbarui atau ditingkatkan, atau inovasi proses, di mana cara kerja atau proses yang ada diperbaiki. Selain itu, inovasi dapat mencakup inovasi model bisnis, di mana cara perusahaan menghasilkan dan menghasilkan pendapatan diubah.

Beberapa contoh inovasi termasuk pengembangan smartphone yang revolusioner, penciptaan layanan ridesharing, pengembangan teknologi energi terbarukan, atau bahkan perubahan dalam cara pengajaran dan pembelajaran di dunia pendidikan.

Inovasi memiliki peran sangat penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi, meningkatkan daya saing, dan memecahkan masalah yang kompleks. Banyak organisasi dan negara berusaha mendorong budaya inovasi untuk menghasilkan solusi yang lebih baik dan lebih efisien dalam menghadapi tantangan masa depan.

Tipe- tipe Inovasi :

1.Inovasi produk adalah pengembangan produk baru atau perbaikan produk.
2.Inovasi proses adalah pengembangan proses manufaktur baru.
3.Inovasi organisasi adalah pembentukan divisi baru penegembangan sistem informasi internal, penembangan sistem informasi terbaru.
4.Inovasi manajemen adalah Aplikasi Total Quality Manajement (TQM).
5.Inovasi produksi adalah  penerapan sistem Just In Time (JIT), menggunakan piranti lunak untuk mengembangkan produk baru.
6.Inovasi komersial atau pemasaran ialah penyususunan pendanaan baru saluran distribusi baru.
7.Inovasi jasa adalah layanan jasa berbasis internet sehngga lebih cepat.

Contoh Tepat Inovasi :

Inovasi Dell

Ada beberapa tipe inovasi dalam produk Dell computer ini yaitu :

a. Inovasi proses

Disini Dell menyatakan keunggulan Dell terletak pada metode penjualan produk kepada pelanggan, perusahaan dan konsumen individu yang disebut Dell Direct Model. Model ini berupa infrastruktur berkemampuan Web yang memungkinkan pelanggan untuk menyesuaikan PC sesuai keinginan mereka dan memesan produk lain yang mereka butuhkan atau inginkan secara langsung melalui web Dell. Pelanggan dapat memilih konfigurasi komputer beserta harga sehingga dapat membandingkan harga dan kualitas di setiap konfigurasi komputer. Setelah produk dibuat, maka produk langsung dikirim kepada konsumen.  

b. Inovasi produksi

Disini dijelaskan bahwa Dell menerapakan sistem inventaris Just-In-Time yang beroprasi selama 6 hari persediaan.

c. Inovasi jasa 

Dell menytakan menggunakan internet untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan pemasok mereka agar dapat menyelesaikan persediaan selama 6 hari.

Inovasi Gojek

Contoh inovasi nyata adalah adanya ojek konvensional yang sekarang berinovasi menjadi ojek online yang berbasis teknologi. Salah satu contohnya adalah  Go-Jek adalah perusahaan teknologi yang menawarkan layanan transportasi berbasis ojek online. Selain menghadirkan jasa ojek online,Go-Jek juga berinovasi dalam menghadirkan berbagai macam layanan online berbasis teknologi seperti Go-Food, Go-Box,Go-Send,dll.

Inovasi Toyota Innova Reborn

Toyota Innova Reborn Masuk dalam kategori perbaikan dan revisi produk yang sudah ada. produk yang dibuat lebih baik dari produk yang ada saat ini dengan melalui berbagai macam modifikasi.

Stategi Aliansi

Aliansi mengacu pada kemitraan atau persekutuan antara dua atau lebih entitas, baik itu organisasi, negara, individu, atau kelompok, yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama atau mendukung kepentingan bersama. Aliansi dapat memiliki berbagai bentuk dan tujuan, dan mereka sering kali dibentuk untuk mencapai hasil yang lebih baik daripada yang dapat dicapai oleh masing-masing pihak jika mereka bekerja secara terpisah.

Salah satu jenis Aliansi yang akan kita bahas adalah Aliansi Bisnis. Yaitu Aliansi bisnis dapat terjadi antara dua perusahaan atau lebih yang bekerja sama untuk mengembangkan produk bersama, memasarkan produk atau layanan bersama, atau berbagi sumber daya untuk mencapai keuntungan bersama.

Contoh Tepat Aliansi:

Aliansi Strategis Nokia dan Xiaomi

Jenis aliansi strategik yang dilakukan oleh Nokia dan Xiaomi adalah aliansi Lisensi dan Kolaborasi.

Lisensi

Hal ini terlihat dari Nokia yang akan melisensikan paten standard essential seluler kepada Xiaomi sehingga Xiaomi. Selain itu Nokia juga akan memberikan sejumlah aset paten dan penyediaan infrastruktur peralatan jaringan data center untuk Xiaomi.

Kolaborasi

Hal ini terlihat dari Kolaborasi Nokia dan Xiaomi diranah lain seperti Internet of Things (IoT)

Aliansi strategis Dell dan Pemasok 

Banyak perusahaan yanag menjalin kerja sama dengan pemasok selama bertahun-tahun. Hubungan kerja sama tersebut tidak jaranag hanya berbentuk kerja sama informal. Kerjasama dengan pemasok mempunyai beberapa keuntungan, contohnya antara lain; 

  • Biaya produksi akan lebih rendah akan dicapai apabila pemasok dapat memodifikasi suatau komponen sehingga komponen tersebut dapat dipasangkan dengan lebih mudah.
  • Pengurangan pengeluaran untuk penelitian dan pengembangan karena adanya informasi dari pemasok mengenai pengunaan produk-produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.
  • Peningkatan aliran material yang lebih baik akan dapat mengurangi tingkat persediaan.
  • Pengurangan biaya administrasi melalui sistem informasi terintegrasi.
Sekian dulu pembahasan kita perihal Inovasi dan Aliansi. Agar tujuan organisasi dapat tercapai maka juga memerlukan manajemen yang baik, kerja sama, dan komunikasi efektif agar berhasil.
Hanaka
Hanaka Paham Kesehatan, tertarik dengan Bisnis,Financial, Technology,Otomotif, Fashion & Beauty,Culinary.

Posting Komentar untuk "Inovasi Produk & Aliansi : Cara Agar Bisnis bertahan di tengah ketatnya persaingan"