Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Merek Dagang yang Menarik

Merek adalah nyawa dari sebuah produk. Namun sialnya masih banyak orang beranggapan bahwa merek tidaklah penting,yang terpenting adalah produk. William Shakespeare pernah berkata : "What's in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet," yang artinya “Apalah arti sebuah nama? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi.”.

Tentu apa yang dikatakan Juliet Capulet kepada Romeo Montaque adalah hanya sebuah khiasan untuk menggambarkan kondisi mereka saat itu. Namun hal itu tidaklah berlaku untuk sebuah nama produk. Sebuah merek bukan hanya sebuah penyebutan nama. lebih dari itu sebuah merek adalah indentitas penting yang melekat yang akan membangun kekuatan sebuah merek.

Anda mungkin tidak bisa bersaing dalam kualitas dan harga, namun anda dapat bersaing melalui sebuah merek yang kuat. Betapapun kompetitor anda memangkas harga dan meningkatkan kualitas,namun jika merek anda sudah tertanam kuat dibenak konsumen,maka anda akan tetap dapat memenangkan persaingan.

Membuat merek yang menarik adalah langkah penting dalam membangun citra dan identitas yang kuat bagi bisnis Anda. 

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat merek yang menarik:

Kenali Target Pasar Anda

Pertama, kenali target pasar Anda dengan baik. Pahami kebutuhan, preferensi, dan nilai-nilai konsumen potensial Anda. Hal ini akan membantu Anda menciptakan merek yang relevan dan menarik bagi mereka.

Ambil contoh misalkan atget pasar anda adalah anak-anak, maka buatlah merek anda yang sesuai dengan karakteristik anak-anak seperti penggunaan logo yang lucu,ceria dan berwarna. Ambil saja contoh Mie Gemez dan pasta gigi kodomo.


Merek dan logo menarik untuk target anak-anak

Penelitian Kompetitor

Lakukan penelitian kompetitor untuk memahami bagaimana merek-merek lain di industri Anda memposisikan diri dan berkomunikasi dengan audiens mereka. Ini dapat memberi Anda inspirasi dan pemahaman tentang bagaimana Anda dapat membuat merek Anda lebih menonjol.

Dalam membangun merek, anda dapat membuat dua strategi terhadap kompetitor yaitu :

  • Meniru merek kompetitor
  • Membuat merek sama sekali bebeda dengan kompetitor
Jika anda menggunakan strategi meniru kompetor, maka buatlah merek yang memiliki kesamaan baik dalam logo maupun merek. Tujuan dari strategi ini adalah agar produk anda dapat cepat terkenal dengan cara "mendopleng popularitas merek kompetitor". Namun anda perlu berhati-hati agar jangan sampai tersandung masalah kekayaan intelektual.

Merek yang identik

Lain halnya jika anda membuat merek sama sekali bebeda dengan kompetitor. Maka anda harus membuat diferensiasi yang kuat. Buatlah produk anda berbeda sehingga konsumen merasa memiliki pilihan, Ingat, Jika produk anda tidak bisa menjadi yang pertama, maka jadilah yang berbeda.

Merek yang berbeda,tapi dalam jenis produk yang sama

Tentukan Nilai dan Pernyataan Merek Anda

Tentukan nilai inti dan pernyataan merek Anda. Apa yang membuat merek Anda unik? Apa nilai-nilai yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen Anda? Jelaskan dengan jelas misi, visi, dan nilai-nilai merek Anda dalam pernyataan merek yang kuat.

Misalnya jika produk anda adalah dibidang kemanan data,maka buatlah merek dan logo yang dapat mengkomunikasikan nilai dan pesan dari merek anda. Seperti yang dilakukan oleh symantec dengan logo melingkar yang menandakan perlindungan dan tanda cheklis yang menandakan sudah tepat atau tepat.

Logo yang sederhana,namun memiliki pesan yang kuat

Sampaikan pesan merek yang kuat dan cerita yang menarik kepada konsumen Anda. Cerita merek yang baik dapat membangun hubungan emosional dengan konsumen dan membantu mereka menghubungkan diri dengan merek Anda. Pastikan pesan dan cerita merek Anda konsisten dalam semua saluran komunikasi.

Ciptakan Identitas Visual yang Konsisten

Desain identitas visual merek yang konsisten, termasuk logo, palet warna, tipografi, dan elemen desain lainnya. Pastikan identitas visual merek Anda mencerminkan kepribadian dan nilai merek Anda, serta menarik perhatian dan membedakan merek Anda dari pesaing.

Buatlah merek yang standar,sehingga jika diterapkan dimanapun akan terlihat sama. Saran kami adalah jangan menerjemahkan merek kedalam berbagai bahasa, Jika anda mengunakan merek bahasa Indonesia,maka pakailah merek tersebut dimanapun anda mamasarkannya. Hal ini agar merek selalu konsisten.

Promosikan Merek Anda 

Manfaatkan media sosial dan konten yang menarik untuk memperluas jangkauan merek Anda. Buat konten yang relevan, informatif, dan menghibur yang dapat menarik minat dan interaksi dari audiens Anda. Gunakan platform media sosial yang paling relevan dengan target pasar Anda.

Produk yang viral dapat mendongkrak penjualan

Saat ini pemasar dimudahkan dengan hadirnya beragam sosial media, Sehingga dapat menekan biaya promosi hanya dengan memanfaatkan sosial media. Ciptakanlah publisitas yang gencar agar merek anda semakin dikenal.

Berikan Pengalaman Pelanggan yang Luar Biasa

Menciptakan pengalaman pelanggan yang luar biasa adalah kunci dalam membangun merek yang menarik. Pastikan semua interaksi dengan pelanggan, mulai dari layanan pelanggan hingga pengalaman produk atau layanan, memberikan kesan positif yang konsisten dengan nilai dan identitas merek Anda.

Terus Evaluasi dan Tingkatkan

Terus evaluasi dan tingkatkan merek Anda seiring waktu. Dengarkan umpan balik dari pelanggan dan analisis data untuk memahami bagaimana merek Anda diterima dan bagaimana Anda dapat meningkatkannya. Jaga merek Anda tetap segar dan relevan dengan terus beradaptasi dengan tren dan perubahan di pasar.

Ingatlah bahwa membangun merek yang menarik adalah proses yang berkelanjutan. Butuh waktu dan dedikasi untuk mencapai tujuan merek yang kuat dan menarik.

Hanaka
Hanaka Paham Kesehatan, tertarik dengan Bisnis,Financial, Technology,Otomotif, Fashion & Beauty,Culinary.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Merek Dagang yang Menarik"