Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Membuat Proposal Bisnis Transportasi Bus yang menarik

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis adalah dengan membuat rencana bisnis. Rencana bisnis juga dapat dituangkan dalam bentuk Proposal bisnis. Proposal bisnis berguna untuk mendapatkan modal atau kerjasama dengan berbagai pihak. Salah satu bisnis yang cukup menjanjikan adalah Bisnis Transportasi Bus atau sering juga di sebut PO.

PO yang merupakan singkatan dati “Perusahaan Otobus” adalah bisnis yang cukup menjanjikan,namun walaupun begitu bisnis ini memerlukan modal yang sangat besar. Oleh karena itu sangat penting untuk merencanakan dengan cermat dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang di kaji dalam porposal bisnis transportasi umum.

Pada dasarnya bagian-bagian dalam sebuah proposal rencana bisnis itu meliputi Latar belakang atau alasan membuat bisnis,kajian terhadap aspek hukum,aspek pasar,aspek operasi,aspek keuangan,dan simpulan dan saran. Berikut ini adalah salah satu contoh dari proposal bisnis yang pernah penulis buat sewaktu masih kuliah di salah satu Universitas di Sumatera Selatan.

1. MEMBUAT IKTISAR

A. RINGKASAN EKSEKUTIF

Studi kelayakan bisnis berikut ini adalah untuk mengetahui kelayakan usaha transportasi Trans Laya. Adapun ringkasan selengkapnya dari kelima aspek adalah sebagai berikut.

Dalam aspek hukum, organisasi/manajemen, pengembangan bisnis Trans Laya layak untuk dijalankan, karena telah memenuhi syarat-syarat sebagai sebuah organisasi yang baik.

Dalam aspek pasar dan pemasaran, pengembangan bisnis Trans Laya layak untuk dijalankan, karena masih terdapat pasar potensial di wilayah Kota Palembang dan indralaya.

Dalam aspek teknis dan operasi, pengembangan bisnis Trans Laya layak untuk dijalankan, karena kemudahan dalam kegiatan produksi dan pengelolaan usaha tersebut.

Dalam aspek keuangan, pengembangan Trans Laya layak untuk dijalankan, karena modal yang ditanamkan dapat kembali dalam waktu yang relatif singkat, yaitu 2 tahun 6 bulan. Nilai NPV negatif dengan tingkat IRR yang cukup tinggi (19,10%), dan profitabitaly index mendekati 1 yaitu 0.999.

Dalam aspek ekonomi dan sosial, pengembanganTrans Laya layak untuk dijalankan, karena selain dapat menampung tenaga kerja dan mengurangi pengangguran, juga dapat turut serta program pemerintah dan pihak universitas dalam upaya mengatasi permasalahan transportasi.

B. LATAR BELAKANG

Gagasan pengambilan usaha transportasi ini di latar belakangi oleh sangat sulitnya mendapatkan kendaraan yang nyaman dan aman untuk bepergian .kalaupun ada jumlah nya masih sangat sedikit dan biayanya mahal.

C. GAMBARAN UMUM POTENSI USAHA

Setiap hari ada ribuan mahasiswa yang pulang pergi kuliah .jumlah kendaraan saat ini dinilai belum mencukupi .sehingga tidak sedikit mahasiswa yang terlambat ataupun gagal berangkat kuliah karna kehabisan bus.

D. BIDANG USAHA YANG DI USULKAN

Usaha yang kami usulkan adalah jasa tranportasi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas mahasiswa yang rencananya akan kami beri nama TRANS LAYA.TRANS LAYA merupakan perusahaan yang bergerak dibidang jasa transportasi, khususnya jasa angkutan penumpang.Trayek yang dilalui antara lain adalah Palembang, Indralaya.Dengan kebutuhan pinjaman sebesar Rp.11642100000 dan membutuhkan karyawan keseluruhan sebanyak 100 orang. Sedangkan untuk target penjualan per tahun nya adalah Rp7.560.000.000,- dan jangka waktu dari pengembalian dana pinjaman tersebut selama 4 tahun. Pada tahun ke 6 kami akan menambah jumlah armada bus dirasakan kurang mencukupi dan diharapkan prospek kedepannya akan menambah keuntungan perusahaan.

E. VISI , MISI DAN TUJUAN

1.Visi perusahaan kami adalah Melayani konsumen dengan sepenuh hati dan jiwa dan memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan konsumen. 

2.Misi perusahaan kami adalah menjadi salah satu pemberi jasa transportasi yang paling di minati masyarakat. 

3.Tujuan :  

  • Penerapan Matakuliah Ekonomi Manajemen kususnya Studi Kelayakan Bisnis 
  • Memenuhi Kebutuhan Mahasiswa Terhadap jasa Transportasi 
  • Memperoleh laba

F. DATA PERUSAHAAN

1. Nama Perusahaan : PT.TRANS LAYA SEJAHTERA

2.Bidang Usaha : JASA TRANSPORTASI

3.Jenis Produk / Jasa : BUS

4.Alamat Perusahaan : Jl.Jend Sudirman no 30 .Palembang

5.Nomor Telepon : 0819953795415

6.Alamat E-mail : email@translaya.com

7.Situs Web : www.translaya.com

8.Bank Perusahaan : Mandiri

9. Bentuk Badan Hukum : Perseroan

2. MENGANALISIS ASPEK HUKUM

A. LEGALITAS USAHA

Dari segi legalitas usaha, unit usaha ini akan dilengkapi beberapa dokumen badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar di kemudian hari . Beberapa dokumen hukum yang dimiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah :

1. Badan hukum

Untuk usaha ini yaitu berupa PT. Karena usaha yang kami lakukan sifatnya merupakan usaha bersama dengan modal bersama dan keuntungan dibagi bersama berdasarkan besarnya Inbreng dari masing masing pemodal, dimana seluruh aktivitas yang timbul dalam pengelolaan menjadi tanggung jawab PT.

2. Tanda daftar perusahaan dan Surat ijin usaha

PT TRANS LAYA akan membuat ijin usaha dari dinas perhubungan . Sesuai dengan UUno. 3/1982 ttg Wajib Daftar Perusahaan, Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah Negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba.

3. NPWP

Sebagai unit bisnis, kami juga mendaftarkan NPWP atas aktiva usaha kami ke Departemen Perpajakan setempat. NPWP merupakan nomer yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

4. IMB

Karena unit usaha Trans laya ini akan didirikan di atas sebidang tanah demi kelancaran usaha maka kami selaku pengusaha juga melakukan perijian untuk membuat kantor dan halte guna kelancaran usaha.

5. Bukti Diri

Unit usaha kami juga mempunyai bukti diri mengenai kepemilikan usaha dan keterangan lain yang berhubungan dengan PT.Tran s Laya.

3. MENGANALISIS ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

A. PRODUK / JASA YANG DIHASILKAN

Keunggulan Produk dari perusahaan kami adalah, bus dengan kualitas terbaik .harga yang kami tawarkan juga relatif lebih murah dibanding pelayanan yang kami berikan, kami juga menyediakan fasilitas di dalam bus berupa televisi, full musik,full AC,kamar mandi, juga selimut untuk setiap penumpang karena rute perjalanan yang cukup jauh.

B. GAMBARAN PASAR

Dalam bisnis transportasi saat ini, banyak orang yang menggunakan jasa transportasi sebagai alternatif dalam bepergian,khususnya untuk calon penumpang yang menginginkan kenyamanan dan keamanan .dalam analisa pesaing,sudah cukup banyak pesaing yang lebih dulu memasuki pasar, untuk itu kami melakukan strategi marketing mix untuk penetrasi pasar

C. POTENSI PASAR



Dari data diatas Diatas terlihat bahwa pengguna kendaraan pribadi menunjukan trend naik dikarenakan kesulitan mendapatkan bis jadi masih ada kesempatan untuk masuk kedalam pasar dan merebut penumpang dari tangan competitor.

D. TARGET ATAU SEGMEN PASAR YANG DITUJU

Sasaran dari perusahaan kami adalah melayani penumpang mahasiswa yang hendak bepergian kuliah

E. PERKIRAAN JUMLAH DAN NILAI RATA-RATA PENJUALAN TIKET PER TAHUN

10 bus *350 orang* 15 kali operasi per bulan*12 bulan=6.426.000 tiket/tahun

Proyeksi penjualan :

F. STRATEGI PEMASARAN (MARKETING MIX)

1.Strategi Produk

Melakukan perawatan rutin setiap tahunnya agar bus kami selalu memberikan pelayanan yang maksimal dan juga menghindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti mogok, kecelakaan yang dapat menimbulkan korban jiwa.

2.Kegiatan Promosi

Promosi yang akan kami lakukan yaitu :Personal Selling,.Pameran,. Brosur ,Advertizing ,dan promosi lainya yang dianggap efektif.

3.Strategi Harga

Strategi harga yang kami tetapkan menggunakan strategi “Penetration Pricing” yaitu penetapan harga yang relative murah dengan kualitas executiv agar menarik pelanggan.

G. ANALISIS PESAING

NO PESAINGKEUNGGULANKELEMAHAN
1BIS BUKIT1. Mahasiswa sudah banyak yang mengenal 1. Jumlahnya yang sedikit
2. Tidak Mengambil penumpang dari luar
2BIS PASAR1. Harganya yang bersaing1. Cara mengemudi yang tidak mematuhi peraturan
2. Jalur operasinya lebih luas2. Keberangkatan yang sering terlambat
3KERETA1.Tepat Waktu1.Jadwal Berangkat Tertentu
2. Harga yang relative Murah2.Repot Naik turun kendaraan

H. WILAYAH PEMASARAN DAN JALUR DISTRIBUSI YANG DIRENCANAKAN

1.Wilayah Pemasaran

Palembang……..50%.

Indralaya……….50%.



2.Jalur distribusi

Pendistribusian tiket melalui Individu ,Retailer,dan Distributor.

3.Alamat Agen Pusat

Jl. Srijaya negara no. 10. Bukit palembang. Jl.Palembang Prabumulih no 11 ,Indralaya

4. MENGANALISIS ASPEK TEKNIS

A. PROSES OPERASI

NOPROSES OPERASIFASILITASTEKNOLOGIMESIN & PERLENGKAPAN
1Kegiatan PerjalananSnack, air mineral, WC.LCD TV, DVD Player,music, AC, KaraokeBensin,perkakas untuk mesin.
2Pembelian TiketRuang tunggu yang luas dan Full ACTV, musicPlayer, komputerisasiPrinter,faktur.

B. SKEMA PROSES OPERASI

Sebelum pemberangkatan penumpang memesan tiket terlebih dahulu baik melalui telpon, email, ( khusus bagi anggota tetap ), dan juga datang secara langsung ke loket . Sedangkan sebelum berangkat bus dipersiapkan terlebih dahulu meliputi pengecekan terhadap mesin, tekanan ban, oli dll. Sehingga diharapkan perjalanan menjadi aman, nyaman dan lancar sehingga tujuan dari penumpang yaitu selamat sampai tujuan dapat terlaksana.Dan selama di perjalanan supir diberikan pengarahan terlebih dahulu akan pentingnya keselamatan.

C. KEUNGGULAN PROSES YANG DIMILIKI

NoJenis KegiatanKapasitas PenumpangRencana Peningkatan Kapasitas Penumpang
1Pemesanan tiketMenyesuaikan dengan keberangkatan busApabila jumlah penumpang melonjak,bus yang diberangkatkan akan ditambah
2PerjalananSesuai dengan kapasitas penumpang masing-masing busApabila jumlah penumpang melonjak,bus yang diberangkatkan akan ditambah

D. KAPASITAS PRODUKSI

NoKapasitas BusJumlah (Orang)Harga/Trayek (Rp)Total Nilai (Rp.)
110 *35 3506.0002.100.000

E. KAPASITAS PRODUKSI RATA- RATA PER BULAN

350 * 15*20 = 105.000 penumpang/bulan*

*Apabila setiap bus jalan 5 hari dalam seminggu dengan penumpang yang full

F. RENCANA PENGEMBANGAN PRODUKSI:

Strategi dan Tahap-tahap rencana Pengembangan Produksi:

1.Memperluas agen di areayang menjadi trayek kami

2.Memperbaiki armada bus sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal

3.Memperbaiki sistem komunikasi antar divisi sehingga dapat terkoordinasi dengan baik

4.Memperbaiki sistem pemesanan tiket agar terhindar dari praktek percaloan

5.Apabila target pertama tercapai, armada bus akan ditambah

G. VOLUME PENJUALAN YANG DIRENCANAKAN.( Antar Kota)

FASILITAS & KAPASITAS PRODUKSIJumlah armadaTotal nilai
Bus @ bus 35 penumpang10350 penumpang
Total10 350 penumpang

Harga/Trayek diasumsikan sama,yaitu antar kota,Palembang-Indralaya dan sebaliknya

H. STRATEGI DAN TAHAP-TAHAP RENCANA PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN

Perusahaan akan melakukan penambahan armada bus jika dirasa kurang mencukupi kami juga akan bekerja sama dengan lembaga yang biasanya mensponsori masyarakat yang ingin berkunjung ke universitas sriwijaya.

5. MENGANALISIS ASPEK MANAJEMEN

A. STRUKTUR ORGANISASI

B. TINGKAT BALAS JASA

Tingkat balas jasa berupa Gaji, jenjang karir, Training, Bonus prestasi dan bingkisan THR

C. ANALISIS KOMPETENSI SDM

BAGIAN / DEPT.Jumlah
Manajemen
Bagian Pemasaran3
Bagian Keuangan4
Kepala Pool3
TOTAL9
TINGKAT PENDIDIKANJumlah
Tidak Lulus SD
SD
SMP60
STM30
D1
D3 / Sarjana Muda
Sarjana10
TOTAL100

KEUNGGULAN DAN KOMPETENSI SDM LAIN-LAIN

1.Dapat mengoperasikan komputer

2.Mengerti tentang seluk-beluk mesin

3.Mudah bergaul dengan konsumen

D. KEBUTUHAN DAN PENGEMBANGAN SDM

JABATANJumlah KebutuhanTenaga yang TersediaTenaga yang Harus Direkrut
Supir605010
Mekanik302010
Manajer Pemasaran211
Manajer Keuangan211
TOTAL947222

E. RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM

JABATAN Tingkat PendidikanPengalaman (tahun)Keterampilan Khusus
SupirMemiliki SIM A2 TahunTahu tentang seluk-beluk mesin
MekanikLulusan STM2 TahunTahu tentang seluk-beluk mesin
Manajer PemasaranLulusan S11 TahunAhli dalam memasarkan produk perusahaan
Manajer KeuanganLulusan S11 TahunAhli dalam menganalisis keuangan perusahaan
Kepala PoolLulusan S11 TahunMudah bergaul dengan penumpang

F.JADWAL RENCANA KEGIATAN

6. MENGANALIS ASPEK KEUANGAN

A.KEBUTUHAN DANA

Modal Tetap

KEBUTUHAN INVESTASIJumlahHarga SatuanTotal Nilai
Mobil & Fasilitasnya 101.000.000.00010.000.000.000
Tanah & Bangunan3500.000.0001.500.000.000
Ac,Musik player & Tv302.000.00060.000.000
Komputer & Internet64.000.00024.000.000
Perlengkapan Reparasi35.000.00015.000.000
TOTAL7211.599.000.000

Modal Kerja

Kas Untuk Keperluan :Jumlah
Pembelian Bahan Baku
Bensin 16.200.000
oli 3.00.000
Gaji staf Adm dan umum
kepala pol1.500.000
Supir dan mekanik20.000.000
Staf administrasi1.500.000
Biaya pemeliharaan2.000.000
Biaya pemasaran1.000.000
Alat tlis Kantor100.000
Listrik,air,telepon500.000
Total43.100.000
Total Kebutuhan Dana
Modal Tetap11.599.000.000
Modal kerja43.100.000
11.642.100.000
Total11.642.100.000

B. RENCANA PELUNASAN KREDIT BESERTA BUNGANYA

Angsuran Tahun KePokok PinjamanAngsuranBungaTotal Pinjaman
111.642.100.0002.910.525.0001.455.262.5004.365.787.500
28.731.575.0002.910.525.0001.091.446.8754.001.971.875
35.821.050.0002.910.525.000727.631.2503.638.156.250
42.910.525.0002.910.525.000363.815.6253.274.340.625
Total11.642.100.0003.638.156.25015.280.256.250

C. RENCANA PENDAPATAN

ProdukJumlah Kursijumlah arnadaHarga/Kursijumlah trip
Bus 35X10=350105.000X35=175.00015X20=300
PROYEKSI PENERIMAAN
PENERIMAAN PER HARI350 * 15 * = 5.250*6.00031.500.000
PENERIMAAN PER BULAN350 * 15*20 = 105.000 *6.000630.000.000
PENERIMAAN PER TAHUN350 * 15*20 = 105.000 *12 * 6.0007.560.000.000

D. AVERAGE OF RETURN

Penerimaan7.560.000.000
biaya2
operasioanal tunai4.882.987.500
penyusutan2.319.800.0007.202.787.500
laba seb pajak357.212.500
lab set pajak357.212.500
Rate of Return357.212.5000.073154498
4.882.987.5001
Rate of Return/Tahun 7.32%

E. AVERAGE OF INVESMENT

Aktiva Tetap11.599.000.0004.882.987.500
6.716.012.5004.882.987.500
1.833.025.0004.882.987.501
04.882.987.501
20.148.037.500
5.037.009.375
Modal kerja4.882.987.500
Rata2 dana yg tertanan pada investasi ini9.919.996.875
0.036.009.336
1

7. MENGANALISIS ASPEK DAMPAK LINGKUNGAN

A.DAMPAK TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR

Meliputi :Dampak pemasaran terhadap masyarakat,Dampak produksi dan teknologi terhadap masyarakat.Dampak organisasi dan SDM terhadap masyarakat yaitu :

1.Masyarakat sekitar dapat mengunakan bus trans laya sebagai salah satu alat transportasi bagi mereka

2.Masyarakat sekitar juga dapat menjadi member atau anggota tetap bus Trans Laya

3.Masyarakat sekitar diproriatiskan menjadi karyawan PT.Trans Laya

B.DAMPAK TERHADAP LINGKUNGAN

Meliputi :Dampak produksi dan teknologi terhadap lingkungan,Penanganan limbah yang dihasilkan akibat proses produksi.yaitu :

1.Karena PT. Trans Laya bukan perusahaan yang bergerak dibidang menufaktue melainkan dibidang jasa, jadi tidak terlalu banyak menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan

2.Ilmbah yang dihasilkan berupa oli, ban bekas, dan onderdil bekas akan dijual kembali ke pengumpul barang bekas agar tidak menjadi limbah dan dapat menghasilkan pendapatan bagi perusahaan.

8. MENGANALISIS ASPEK RESIKO

A.ANALISIS RESIKO USAHA

1.Kenaikan tingkat suku bunga bank yang tinggi yang membuat investor berfikir lebih untuk meminjam uang kepada bank.

2.Daerah yang dilaui menjadi daerah yang dilarang untuk di lalui untuk umum. Misalnya ada kunjungan presiden.

3.Apabila terjadi kecelakaan yang di akibatkan kelalaian manusia yang menyebabkan perusahaan harus bertanggung jawab atsa terjadinya kejadian tersebut.

B.ANTISIPASI RESIKO USAHA

1.Merekrut pengemudi bus yang berpengalaman dan mempunyai keahlian yang lebih baik daripada pengemudi di perusahaan bus lain. Sehingga meminimalkan terjadinya resiko kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian manusia.

2.Memperkuat jaringan antara daerah yang dilaui dan juga membuat adanya pengundian hadiah setiap akhir tahunnya sehingga diharapkan disetiap daerah yang dilaui bus Trans Laya mempunyai pelanggan yang setia. Sehingga dengan semakin banyak penumpang maka pendapatan perusahaan akan meningkat.

9. MEMBUAT KESIMPULAN DAN SARAN

A. KESIMPULAN

Berdasarkan studi kelayakan yang diambil dari masing-masing aspek, dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut:

a. Aspek hukum, organisasi/manajemen

Berdasarkan studi kelayakan yang telah dilakukan, dalam aspek ini pendirian usaha ini dinyatakan layak karena telah memiliki unsur-unsur untuk mendirikan suatu organisasi, dengan manajemen yang juga sudah jelas dan sumber tenaga kerja yang tersedia.

b. Aspek pemasaran

Berdasarkan studi kelayakan yang telah dilakukan, dalam aspek ini pendirian usaha ini dinyatakan layak karena peluang pasar yang ada masih memungkinkan untuk di garap, dan strategi yang digunakan akan mampu bersaing dengan pesaing-pesaing yang ada.

c. Aspek teknis dan operasi

Berdasarkan studi kelayakan yang telah dilakukan, dalam aspek ini pendirian usaha ini dinyatakan layak,karena semua peralatan dan perlengkapan guna menunjang proses produksi ini mudah diperoleh dan dijangkau.selain itu tidak menghasilkan proses produksi yang rumit.

d. Aspek keuangan

Berdasarkan studi kelayakan yang telah dilakukan, dalam aspek ini pengembangan lembaga ini dinyatakan layak,karena nilai NPV yang positif, dan IRR (19,10%) lebih besar dari tingkat bunga deposito yang digunakan(discout rate) yaitu (9,09%). Selain itu modal yang dikeluarkan juga dapat kembali dalam waktu yang relatif lebih singkat, yaitu 2 tahun 6 bulan dari umur proyek (5 tahun).

e. Aspek dampak lingkungan

Berdasarkan studi kelayakan yang telah dilakukan, dalam aspek ini pendirian usaha ini dinyatakan layak karna tidak menimbulkan kerusakan lingkungan yang berarti.

f.Aspek Resiko

Berdasarkan studi kelayakan yang telah dilakukan, dalam aspek ini pendirian usaha ini dinyatakan layak karna walaupun usaha ini penuh resiko tapi dapan di antisipasi dengan baik.

B. SARAN

Dari studi kelayakan yang sudah dilakukan dapat diberikan saran sebagai berikut:

a. Bertitik tolak dari pemaparan dari analisa berbagai aspek maka dapat disimpulkan bahwa proyek ini sangat feasible/layak untuk dijadikan usaha dan bagi calon investor diharapkan untuk segera melakukan kontak bisnis.

b. Dengan adanya studi kelayakan ini, diharapkan juga agar masyarakat dapat memperoleh informasi tentang pendirian usaha jasa transportasi, sehingga mereka dapat ikut serta membantu pemerintah dalam pengembangan transportasi di Indonesia dan memiliki keinginan untuk mendirikan usaha sejenis,atau yang lebih baik.

Hanaka
Hanaka Paham Kesehatan, tertarik dengan Bisnis,Financial, Technology,Otomotif, Fashion & Beauty,Culinary.

Posting Komentar untuk "9 Cara Membuat Proposal Bisnis Transportasi Bus yang menarik"